tips-dapat-kerja

Tips Sukses Mendapatkan Pekerjaan Di Tahun 2023 – 2024

tips-dapat-kerja

Dalam proses mencari kerja pada saat sekarang ini memang bukanlah hal yang mudah. Namun bukan juga sesuatu yang tidak mungkin asalkan ditempuh dengan cara yang benar.

Persaingan yang ketat dan juga minimnya lapangan pekerjaan di Indonesia merupakan kendala utama bagi para pencari kerja.

Untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah, sudah pasti harus memiliki kelebihan dibandingkan dengan pencari kerja yang lainnya.

Oleh karena itu, Nadia kali ini akan membagikan beberpapa informasi menngenai persiapan sebelum melamar kerja beserta tips suksesnya.

Persiapan Sebelum Melamar Kerja

Berikut beberapa persiapan sebelum terjun ke dunia kerja atau lebih tepanya persiapan sebelum melamar kerja di perusahaan.

1. Mengetahui Kompetensi Diri Sendiri

Dalam hal ini sobat harus mengetahui kompetensi dan juga kemampuan sobat sendiri. Banyak orang yang tidak sadar akan potensi unik dalam dirinya sendiri. Hal ini yang terkadang membuat seseorang salah dalam menempatkan dirinya pada pekerjaan yang tidak tepat.

Misalkan saja punya bakat desain tapi malah bekerja sebagai pelayan restoran, atau yang lainnya yang tidak sesuai dengan bakat dirinya sendiri. Setelah mengetahui potensi diri sendiri, seandainya masih sulit dalam menghadapi persaingan, haruslah menambah keahlian diri dengan beberapa skill tambahan agar bisa berkompetisi dengan para pencari kerja yang lain.

2. Perbaiki CV atau Surat Lamaran Kerja

Menyusun resume yang baik akan membantu kamu untuk maju ke tahap wawancara. Tonjolkan kelebihanmu. Sertakan juga kursus atau kerja sukarela yang kamu lakukan karena ini menunjukkan inisiatif untuk mengembangkan keterampilan kerja.

Jika kamu memiliki profil LinkedIn, pastikan profilmu sudah diperbarui. Hal pertama yang akan dilakukan perusahaan sebelum mewawancarai kandidat adalah dengan memeriksa profil di media sosial mereka. Jadi kamu harus bisa menunjukkan kesan yang baik.

Jangan lupa untuk menyesuaikan CV/resume sesuai dengan posisi dan deskripsi pekerjaan yang tercantum dalam iklan lowongan kerja.

3. Mengetahui Kriteria Kualifikasi Perusahaan

Yang kedua yang harus diketahui sebelum sobat mencari kerja adalah memahami peluang yang ada. Jika memungkinkan dan juga sesuai dengan kriteria diri sendiri, maka itu adalah tempat yang tempat.

Memperluas wawasan dalam mengetahui daftar perusahaan merupakan sesuatu yang peting dalam hal ini. Perusahaan yang bergerak dibidang yang sesuai dengan kriteria diri dan juga yang sedang membutuhkan karyawan yang sesuai dengan kemampuan diri kita sendiri.

Berikut adalah point-point yang biasanya sipersyaratkan oleh sebuah perusahaan dalam mencari karyawan :

  • Membutuhkan Laki-laki atau wanita
  • Maksimal atau minimal usia pelamar
  • Lulusan pendidikan pelamar
  • keaslian identitas pelamar
  • Keahlian yang dimiliki
  • Pengalaman yang dimiliki
  • Domisili pelamar

Setelah mengetahui kedua hal tersebut diatas, sobat bisa memulai untuk finding jobs. Mencari dan melamar pekerjaan sesuai dengan keriteria yang ada.

Dalam hal ini sobat harus gigih dan juga sabar, karena lagi-lag persaingan ketat dan juga peluang yang terbatas.

Setelah ada peluang sekecil mungkin alagkah lebih baik untuk mengambilnya. Bukan berarti tidak sesuai dengan bidang yang diinginkan, tapi bisa jadi itu adalah sebuah jalan yang menuntun pada jalan yang sebenarnya.

Setelah melamar dan melamar kerja pasti akan ada peluang yang terbuka.

4. Latihan Wawancara

Biasanya apapun yang kamu tulis dalam CV/resume akan ditanya saat wawancara. Jadi ada baiknya kamu sudah membayangkan pertanyaan apa yang kira-kira akan ditanyakan dan mempersiapkan jawabannya.

Luangkan waktu untuk mempraktekkan tanya jawab wawancara agar kamu benar-benar siap.

Ingat juga bahwa hanya karena kamu menjawab pertanyaan saat wawancara, bukan berarti pewawancara tidak ingin kamu mengajukan pertanyaan juga.

Karenanya, penting untuk menyiapkan pertanyaan kepada pewawancara. Pertanyaan yang bagus bisa mencakup hal-hal seperti tantangan yang mungkin dihadapi dalam pekerjaan, peluang karir, dsb.

Mendapatkan pengalaman wawancara sangat berharga. Semakin banyak wawancara yang kamu lakukan, semakin baik dan terlatih dirimu untuk menjawab pertanyaan pewawancara.

5. Manfaatkan Situs Pencari Kerja

Situs pencari kerja online merupakan cara yang efektif untuk menemukan info lowongan kerja, salah satunya website lokerterdekat.com ini yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari kerja sesuai keinginan.

Cari dengan menggunakan berbagai kata kunci yang berhubungan dengan lowongan kerja yang kamu cari. Misalnya, untuk pekerjaan fresh graduate, kamu bisa mengetikkan, “fresh graduate”, “management trainee”, “graduate development program”, dsb.

6. Jalin Koneksi

Jalin koneksi dengan seseorang yang telah sukses di pekerjaan yang kamu minati. Sebagai contoh : Apabila kamu memeiliki keahlian di bidang management/administrasi, jalin hubungan baik dengan teman atau saudara yang telah berpengalaman di bidang tersebut.

Selai itu kamu jua bisa memanfaatkan situs / sosial media seperti LinkedIn, Twitter, dsb untuk mengikuti dan belajar dari mereka. Informasi mengenai pekerjaan semakin mudah didapat di era internet seperti sekarang. Motivasi diri untuk terus belajar guna meraih sukses.

7. Berpenampilan Baik

Kesan pertama adalah segalanya. Berpakaian yang tepat untuk wawancara kerja adalah sesuatu yang tidak boleh diabaikan.

Sesuaikan penampilan dengan industri yang kamu lamar. Jika kamu mencari pekerjaan di industri keuangan, misalnya, gunakanlah pakaian bisnis yang formal.

8. Bersiap Untuk Ditolak

Sayangnya, penolakan adalah bagian dari proses berburu pekerjaan. Tetapi penting agar kamu terus mencoba dan tidak kehilangan harapan.

Berusaha dan berdoa. Setiap kegagalan adalah satu langkah lebih dekat menuju kesuksesan dan mencari pekerjaan adalah proses yang panjang.

 

Bagaimana Cara Melamar?

Ada beberapa cara untuk melamar pekerjaan atau ada beberapa metode dalam menyampaikan CV kepada perusahaan antara lain sebagai berikut ini :

  • Melamar via pos
  • Melamar via email
  • Mendatangi langsung pihak perusahaan
  • Melamar melalui yayasan penyalur resmi
  • Melamar melalui BKK Sekolah
  • Melamar melalui Balai Latihan Kerja
  • Melamar melalui job fair

 

Persiapan Proses Seleksi Karyawan

Berikut langkah / tahapan-tahapan yang harus dilalui dalam proses seleksi karyawan dalam suatu perusahaan.

1. Cek Duplikasi/Dokumen

Yang pertama biasa dilakukan adalah mengenai kecocokan data antara kriteria yang dibutuhkan dengan para pelamar yang telah dipanggil. Biasanya akan di cek ulang mengenai identitas dan juga keaslian dokumen utama seperti KTP dan berkas lamaran lainnya.

2. Tes Psikotes

Selanjutnya adalah tes psikotes. Tes psikotes adalah untuk mengetahui kemampuan akademik, pengetahuan ataupun untuk mengetahui kemampuan IQ dari para pelamar kerja. Biasanya tes ini adalah dengan tes hitung cepat, menjawab soal-soal matematika, penalaran dan beberapa tes tertulis lainnya

3. Tes Fisik

Untuk tes fisik ini biasanya dilakukan untuk posisi karyawan yang membutuhkan kondisi fisik yang lebih kuat dari biasanya.

Biasanya perusahaan yang melakukan tes fisik adalah sebuah pabrik atau produksi, karena dalam hal ini karyawan akan dituntut bekerja lebih banyak dengan fisik mereka.

Jadi tes fisik ini juga untuk memastikan kesehatan calon karyawan. Materi dalam tes fisik antara lain adalah lari, push up, sit up atau angkat beban tertentu.

Terkadang ada juga tes fisik yang hanya diminta untuk terus berdiri selama beberapa waktu. Tentunya tes ini juga disesuaikan dengan jenis pekerjaan nya jika sudah diterima.

4. Tes Interview

Tes interview adalah tahapan untuk mengetahui tentang calon karyawan lebih banyak lagi. Dalam tes ini akan ada banyak pertanyaan baik itu mengenai kepribadian maupun mengenai keahlian dan juga pengalaman yang sudah dimiliki.

Untuk dapat lolos dalam tes ini pelamar haruslah kooperatif dan bisa menarik kepercayaan dari HRD yang menguji tes. HRD pada tahap ini akan menilai tentang sikap, cara bicara, penampilan dan juga kejujuran karyawan dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan.

5. Tes Medical Check Up

Yang terakhir biasanya adalah medical check up. Pada tahap ini adalah untuk mengetahui kondisi kesehatan para pelamar.

Pada penilaian medical check up ini juga akan disesuaikan dengan posisi pekerjaan yang dilamar, ada posisi dan juga perusahaan yang melakukan dengan standart kesehatan yang ketat dan juga ada perusahaan yang memiliki kelonggaran tertentu.

Adapun hal-hal yang diuji pada tahap medical check up antara lain sebagai berikut :

  • Tes tinggi dan berat badan
  • Tes Fisik luar
  • Tensi darah
  • Tes Mata
  • Tes sampel darah
  • Tes Urin
  • Tes Rongtan

Biasanya setelah melalui semua tahapan diatas seorang pelamar akan mendapatkan informasi tentang lulus atau tidaknya. Bisa saja diumumkan langsung atau dikabari pihak perusahaan melalui telephone.

Kesimpulan / Penutup

Selain usaha tentu saja harus dibarengi dengan doa dan juga sabar. Jika gagal harus mau mengkoreksi diri, memperbaiki diri dan mau untuk terus mencoba kembali.

Jika sering gagal anda bisa mulai meneliti apa yang tidak cocok dengan anda dalam proses mencari pekerjaan tersebut. Karena rejeki orang lagi-lagi berbeda pada saat terntentu.

Demikian materi mengenai Tahapan-Tahapan Supaya Sukses Mendapatkan Pekerjaan. Mudah-mudahan bisa memberikan gambaran dan juga sebagai pengetahuan untuk sobat semuanya. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *